About Me

header ads

KELAS BARUKU - Rakha Heby Revano

 KELAS BARUKU

Karya : Rakha Heby  Revano

( Anggota dari POKJA 6 GG Tectona Grandis SMP NEGERI 3 Balikpapan )

 

Oke guyss , kisah ini ku beri judul KELAS BARUKU . Kenapa sihh kuberi judul tersebut ? 

Setelah kelas PLS ( Pengenalan Lingkungan Sekolah ) di Kelas 7.B , aku menginjak kelas yang sebenarnya , kelas ini membawa banyak pengalaman baru , berbagai macam kegiatan , pertemuan ,dll. Kelasnya adalah 7.A , dikelas ini aku terkejut kenapa kelas ini suasana sangatlah seru dan solid , kelas ini  kok sudah mempunyai yel - yel , mempunyai lagu . Seperti Pilah Sampah , GG , Ayo Teman - teman SMP 3 , dan laiinya.

 

Kemudian aku berfikir apa sih yel – yel GG itu?? . Ternyata kepanjangan dari GG itu adalah ( Green Generation ) . Setelah itu aku menanyakan lebih lanjut kepada wali kelas di kelas ini yaitu Ibu Judith , kemudian aku tanya “ Buu Judithh ’’ sahutnya “ Kenapa Lee… ’’ ucapku “ Buu GG itu kegiatan atau organisasi  apa buu …. ? ’’ sahutnya “ Jadii GG Itu Lee adalah kakak kakak seniormu yang bergerak di bidang lingkungan Lee “ . ujar dibatinku “ owh GG itu mungkin menanam tanaman agar lingkungan menjadi asri kali yaa wkwk , pikirku GG itu tidak terlalu penting apalagi dimasa sekolah sudah banyak tugas menumpuk tambah pusing lagi mikirin GG , dan nanti  tambah cape.. ”.

 

 

Tibalah pertemuan GG mengenai kegiatan LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan )  aku masih ingat kegiatan itu   terjadi di Hari Sabtu , 3 - September - 2022 . Pada malam hari di grup GG kita  disuruh meyiapkan name tage untuk identitas peserta . Kegitan itu berlangsung dari Jam 07.30 sampai jam 17.00. Ujar batinku “ ini kegiatan apaan dah lama bangett dari pagi hingga sore hari hadehh ’’. 

 ( Foto Pertemuan Kegiatan LDK di Aula SMP Negri 3 Balikpapan )

 

Keesokan harinya saat kegiatan berlangsung aku mendapat suatu materi tentang KEPEMIMPINAN ( khususnya di kegiatan LDK tersebut ) , yang artinya adalah kemampuan seseorang dalam memengaruhi orang lain atau pihak tertentu untuk mencapai tujuan suatu kelompok atau organisasi . Organisasi yang dimaksud yaa GG ini , ternyata GG ini dibuat untuk menyampaikan program bersih lingkungan kepada semua peserta didik di SMP NEGERI 3 Balikpapan untuk menyadarkan betapa pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih , indah , dan nyaman .

Di tengah – tengah saat penjelasan materi Surat- Menyurat oleh Pembina GG Tectona Grandis SMPN 3 Balikpapan yaitu Ibu Siti Subaidah ia berucap “ siapa disini yang pandai menggambar poster ’’ . Teman teman berseru Rakha bu… , Rakhaaaa… . Ujarku “ aku pun terkejut mengapa teman- teman menunjukku ’’ .” Okee berarti Rakha yaa ’’ sahut bu Siti .

Kemudian Ibu Siti berbincang bersamaku “ Rakha kamu bikin Poster tentang Ekosistem Mangrove yaa , poster ini nanti kita akan perlombakan di SMK NEGERI 5 BALIKPAPAN di Teritip “ ujar Ibu Siti . “ baik buu saya akan membuat poster tersebut dan akan saya buat semenarik mungkin “ sahutku .






(  Foto ini adalah hasil gambaran posterku dengan tema Magrove, yang pengerjaannya mendadak banget karena masih banyak tugas tugas sekolah yang lain )

 

Tibalah dimana hari aku dan pengurus GG lainnya dari kakak senior yaitu Kak Laskar , Kak Revalin , Kak Olivia , Kak Moza ,  dan Kak Sultan , sekaligus Pembina GG yang laiinnya yaitu Pak Muhammad Abizar Al- Gifary , dan tidak lupa ada Ibu Siti. Kami bersama berangkat menuju SMKN 5 yang berada di Teritip menggunakan mobil dari sekolah , kami menggunakan jalur TOL agar lebih efesien dan tepat waktu sampai disana. Pengalamanku pertama kali melewati jalan TOL tersebut sangatlah gembira , ditambah dengan angin yang sepoi- sepoi disepanjang perjalanan sangatlah sejuk . Sesampainya disana, kami langsung menuju tempat kegiatan yang dilaksanakan di pesisir pantai tersebut , kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan dengan khidmat dan suasana yang syahdu karena diterpa angin dari pantai di pagi hari itu…, 

 ( Foto di atas : Acara Pembukaan Kampanye Lingkungan )

Setelah rangkaian acara pembukaan selesai kami pun diarahkan untuk mengikuti kegiatan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai SMK Negeri 5 Balikpapan .




 ( Foto : Proses penanaman tanaman Mangrove, di sekitar pesisir Pantai Tritip )

Aku pun terkejut bahwa kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Muhammad Yusuf selaku Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil- Kementerian Kelautan dan Perikanan , setelah kegiatan penanaman pohon mangrove telah usai kami diarahkan untuk segera kembali menuju tempat sebelumnya , karena akan diadakan pengumuman para juara menggambar  dan mewarnai lomba poster yang bertema Ekosistem Mangrove. Aku melihat  banyak sekali yang memperlombakan karya posternya , kegiatan ini dihadiri See Kota Balikpapan mulai dari TK , SD , SMP / MTS , SMK ,dan SMA. Aku awalnya sangat pesimis dan sudah tidak berharap saat itu untuk menjadi juara untuk lomba poster tersebut , karena aku membuat posternya sangatlah terburu- buru , mengapa terburu- buru ? yaa karena aku mewarnai poster ini pada subuh hari dengan waktu hanya dalam  2 jam, dan melihat sainganku aku pun takjub karena mereka  mempunyai gambar poster yang sangat cantik, dan indah .

Pada saat itu aku sangatlah deg – degann , tibalah saatnya pengumuman pemenang LOMBA POSTER ( Kampanye Lingkungan 2){ Kementerian Kelautan dan Perikanan RI } [ SEKOLAH PANTAI INDONESIA BALIKPAPAN ] , Yesss Alhamdulillah aku mendapatkan JUARA 1 ,  turut bangga kepada diriku , dan berterimakasih kepada pendamping sekaligus Pembina GG Tectona Grandis SMPN 3 Balikpapan ( Pak Abizar dan Ibu Siti ), dan kakak pengurus GG lainnya  yang telah mendampinggiku pada hari itu . Aku pun ditunjuk maju kepanggung untuk menerima piala yang diserahkan oleh panitia , tidak lupa aku mengambil foto saat itu sebagai kenang – kenanganku di Organisasi GG .

 

 





( Foto penyerahan Piala Jura I Lomba Poster “ Ekosistem Mangrove “ Seneng Banget..)

 Setelah semua rangkaian kegiatan telah selesai , kami bersama tidak langsung kembali ke sekolah , tetapi kami menikmati suguhan atau  kotakan yang di berikan oleh panitia – panitia acara tadi , kami menikmati hidangan tersebut dengan duduk di sebuah ban yang sangatt besar , ternyata ban yang sangatt besar ini berfungsi sebagai pemecah ombak air laut agar tidak terjadi pengikisan tanah pasir disekitar pantai teritip ini .

Selain itu kami menikmati pemandangan pantai yang sangat indah pada pagi hari itu , saat itu air laut tidak lagi pasang sehingga kami bisa berlari – lari , berkicau gurai , bermain pasir , kemudian mencari bebatuan kecil , dan cangkang keong yang bentuknya sangat beragam dan unik  yang tersebar diseluruh hamparan pasir yang begituu luass .

  


 

( Foto kebersamaan kita di tepi pantai, bersantai diatas Ban yang besar banget….hehehe )

Setelah kami telah usai bermain , dan menikmati hidangan tersebut, kami pulang atau kembali menuju SMP Negeri 3 Balikpapan. Baangga ?? yaa pasti itulah pengalamanku yang sangat menyenangkan , karena aku bisa mendapatkan banyak ilmu disana , berawal ketidak tauhanku apasihh itu ekosistem mangrove , dan apa sih manfaat menanam tanaman mangrove disekitar pesisir pantai . Kini semua pertanyaan di dalam batinku sudah terjawab dengan jelass. Dari sinilah ku tulis  kisah kecilku dalam  dunia GG .

Kemudian GG ini memiliki struktur kelompok kerja yang terdiri dari beberapa POKJA , aku menjadi salah satu anggota dari POKJA tersebut  yaitu Pokja 6 . Dalam batinku bertanya tanya “ apasihh pokja 6 itu , apa saja tugasnya ,kelompok apa sih ituu, kok bisa ya aku dimaksukkan ke dalam pokja ini  ?’’  . Kemudian aku bertanya kepada pembina GG yaitu Ibu Siti “ buu POKJA 6 itu tugasnya ngapain saja buu ?? , sahut Ibu Siti “ gini loo rakha pokja 6 itu kann berkaitan dengan isu lingkungan , anggota GG dalam pokja ini mereka belajar bagaimana cara membuat poster yang dapat dikampanyekan mengenai isu – isu lingkungan yaitu triad  kepada masyarakat baik secara lokal maupun global, itu rakhaa tugas dari pokja 6 yang Ibu buat ini”. Ujarku “ baik bu terimaksih mengenai informasi dari pokja 6 itu sendiri’’. Sahut Ibu Siti “ iyaa Rakha sama- sama’’.

Hingga saat ini , aku mengetik kisah awalku mengenal Green Generation , aku  merasa sangaat senang bahkan aku berfikir bahwa Green Generation ini sangatlah penting bagi lingkungan . Di GG ini aku dapat mempelajari hal baru , misalnya dalam membuat poster yang dapat kita publikasikan kepada masyarakat mengenai isu lingkungan . Aku sekarang sangat sayang kepada Green Generation Tectona Grandis SMP Negeri Balikpapan karena dapat bergabung sekaligus menjadi anggota didalamnya , karena di GG ini dipupuk rasa kekeluargaan , kebersamaan , dan kita dapat saling bertukar pikiran menyampaikan ide atau hal baru , serta kita dapat mengembangkan ilmu pengalaman dan membesarkan nama Green Generation Tectona Grandis SMP Negeri 3 Balikpapan agar semakin jayaa , sukses , dan dikenal oleh semua orang diberbagai kalangan di dunia luar.

Berawal dari ketidaktahuan mengenai Green Generation dan kebetulanku dalam membuat poster saat itu , disitulah aku sadar bahwa GG ini sangat penting untuk menanamkan  dan menyadarkan semua lapisan masyarakat untuk betapa pentingnya menjaga lingkungan , inilah takdirku untuk sayang terhadap Green Generation.